Vietnam merupakan bekas jajahan Perancis. Gereja-gerejanya memiliki khas arsitektur bergaya Eropa. Merupakan pengalaman yang unik memilih Vietnam untuk malakukan perjalanan rohani. Selain tidak menghabiskan biaya yang terlalu mahal, negara ini menawarkan pesona yang tak kalah indahnya. Berikut ini beberapa kota & tempat wisatanya di Vietnam yang wajib dikunjungi bila ingin melakukan perjalanan rohani:

DANANG

1. Danang Cathedral (The Pink Church)

the-pink-church-danang
https://daytrip.vn

Gereja berwarna pink ini adalah satu-satunya gereja yang dibangun pada masa penjajahan Perancis oleh Pendeta Louis Vallet pada tahun 1923. Gereja ini bertujuan untuk melayani umat Katholik Perancis pada masanya. Sekarang gereja tersebut masih beroperasi dan melayani umat penduduk setempat. Penduduk setempat menamainya dengan Con Ga yang berarti gereja ayam jago, karena di atas salib gereja terdapat ayam jago sebagai penunjuk mata angin.

 

2. Bana Hill

Bana-Hills
http://vietcetera.com

Terletak di Gunung Truong Son, tempat ini memiliki pemandangan yang indah. Untuk menuju ke sana, kita dapat menaiki kereta gantung yang biasa dinaiki untuk turis-turis. Kereta gantung ini adalah yang terpanjang di seluruh dunia yang membentang sejauh lebih dari 5 km, dengan ketinggian mencapai 1,2 km.

 

3. Fantasy World

bana hills 2
http://www.vietdreamland.com

Masih terletak di Bana Hills, Fantasy World menawarkan beragam wahana bermain dalam ruangan seluas 2100 meter persegi. Beberapa wahana tersebut adalah: Skiver Pilot, Jurrasic Park, 5D Wild West, Death Race, 3D mega 360, Horror House, Tower Drop, Wax Museum dan lainnya.

 

4. Flower Garden

ba-na-hills-jadin
https://tourindanang.com

Taman bunga di Bana Hills ini disebut juga Le Jardin d’Amour. Berbagai macam bunga-bunga cantik ditanam di sini. Taman ini sangat cocok untuk berfoto. Beberapa taman terbagi sesuai temanya: Legend Garden, Mo Spring Garden, Memory Garden, Thought Garden, Love Garden, Heaven Garden, Holy Garden, Secret Garden, dan Grape Garden.

5. Bana Hill Church

Mercure Danang French Village Bana Hills
https://www.ahstatic.com

Gereja ini terletak di French Village. French Village terdapat alun-alun, bangunan-bangunan, hotel, restoran-restoran, jalan-jalan dan gereja yang bergaya arsitektur Perancis kuno.

 

6. Pantai Danang

my-khe-beach-sunset
http://www.vietnam-guide.com

Selagi mengunjungi Danang jangan lewatkan kunjungan ke pantainya. Pantai ini  membentang sejauh 32 km ini memiliki pemandangan yang indah dan dipenuhi Hotel-hotel. Pantainya bersih tidak seperti pantai-pantai pada umumnya yang dipenuhi sampah. Pantai ini juga tak memiliki pohon kelapa seperti pantai-pantai di Asia tenggara.

 

LAVANG DAN HUE

7. Virgin Mary Cave (Lourdes in Asia) & Basilika Minor Lavang

malavang
http://www.carnivalvn.com

Cerita munculnya Bunda Maria dan bayi Yesus ketika jaman perselisihan Thinh dan Nguyen memperebutkan Vietnam pada tahun 1798. Pemerintah membantai umat-umat kristiani, sehingga mereka melarikan diri menuju Lavang, hutan dan pegunungan yang belum pernah dijelajahi. Tanpa persiapan, banyak dari mereka yang jatuh sakit, kelaparan, kedinginan dan diserang binatang liar. Mereka berdoa di bawah pohon banyan yang besar dan melihat Bunda Maria yang memakai baju adat Ao Dai bersama bayi Yesus dan dua malaikat. Bunda Maria menenangkan dan menyemangati mereka dan memberi saran untuk merebus tanaman-tanaman sekitar untuk penyembuhan mereka.

Lavang Church 2
http://http://www.vietnamdreamforsuccess.org

 

8. Hue Fortress

Hue-Citadel.jpg

Benteng ini dibangun pada tahun 1804 oleh Kaisar Gia Long. Benteng Hue ini dikenal dengan nama The Purple Forbidden City. Dinasti Nguyen berakhir pada tahun 1945 ketika komunis memerintah Vietnam. Benteng ini terbengkalai dan rusak karena rayap. Pada 1968, serangan Tet menghancurkan sebagian benteng. Di sini kita bisa melihat tiruan Kota Terlarang di Cina, Menara Bendera, Paviliun Hien Lam dengan sembilan tempayan raksasa, Paviliun Ngu Phun, dan beberapa objek wisata lainnya.

 

VUNG TAU

9. Bai Dau Church & Big Statue of Maria

bai dau
http://viet-nam.us

Di gereja ini dapat melakukan doa rosario dari jam 8.00 sampai jam 9.30 pagi (dapat berubah). Di sini terdapat Patung Maria yang didirikan oleh Uskup Joseph Le Van An pada tanggal 15 Mei 1969. Tempat ini sering diadakan pertemuan religius para umat lokal maupun mancanegara. Tak jauh dari situ terdapat patung raksasa Yesus.

 

10. Patung Yesus

72093678
http://brincandocomarte.blogspot.com.tr

Patung ini mirip seperti Patung Yesus di Rio, walaupun tidak sama besar dan tinggi tetapi merupakan patung Yesus tertinggi di Asia. Patung yang memiliki ketinggian 32 meter ini bisa kita naiki hingga ke tangannya. Kita dapat melihat pemandangan laut dari atas. Anak tangganya terdiri dari 847. Untuk menaiki patung, bepakaian harus terlihat sopan dan alas kaki harus di lepas. Jadwal masuknya adalah sebagai berikut: Sabtu-Kamis 07:30-11:15 & 13:30-16:15; Jumat 07:30-11:30 & 13:30-16:00.

 

PHAN TIET

11. Gurun Pasir

-phan-thiet-white-sand-dunes-001
http://www.greatleap.com.my

Jangan lupa untuk melihat gurun pasir satu-satunya di Asia di Phan Tiet. Pagi hari menuju Gurun Pasir Merah melihat matahari terbit, lalu ke Gurun Pasir Putih dengan motor ATV atau mobil jeep untuk melihat pemandangan yang sangat indah.

 

SAIGON / HO CHI MINH CITY

12. Notre-Dame Cathedral Basilica of Saigon

Vietnam-Saigon-Notre-Dame-Basilica
http://www.birdconf.org

Gereja ini terletak di pusat kota Ho Chi Minh yang dibangun antara 1863 hingga 1880 oleh kolonial Perancis. Gereja ini memiliki dua tower untuk bel dengan mencapai ketinggian 58 meter. Meterial Gereja ini diimpor langsung dari Perancis. Fondasinya kuat menampung 10 kali beban gereja ini. Pada tahun 2005, patung Bunda Maria dikabarkan menteskan airmata, sehingga masyarakat setempat dan turis-turis berbondong-bondong datang untuk melihatnya. Namun keuskupan tidak bisa memberikan pernyataan atas kebenaran berita tersebut.

 

13. Three Bells Pagoda shaped Church

ba chuong three bells shaped pagoda church
photo credit: Catalin Chitu

Penduduk setempat menyebut gereja ini Ba Chuong. Gereja unik ini memiliki arsitektur pagoda yang memiliki atap seperti 3 buah lonceng. Gereja ini memiliki panjang 50 meter dan lebar 28 meter. Pintu masuknya memiliki 3 pintu layaknya pintu masuk perdesaan kuno Vietnam. Banyak ornamen-ornamen naga pada atap maupun pada lantai tower. Gereja ini banyak memasukan filosofi-filosofi adat timur ke dalam arsitekturnya sehingga membuatnya unik untuk dikunjungi.

 

14. Saigon Square & Ben Thanh Market

ben-thanh-market
http://www.welcometovietnam.com

Sebelum pulang ke tanah air, jangan lupa berbelanja oleh-oleh di Saigon Square dan Ben Thanh Market. Harga barang di sini relatif murah dan terjangkau, asalkan kita berani melakukan tawar-menawar dengan penjual. Oleh-oleh yang bisa dibeli antara lain kopi Vietnam, kaos, biji dan teh lotus, pia durian, maupun kain sutra khas Vietnam.

Saigon-Square-Shopping-Mall-4
http://www.vietnam-guide.com ©AsiaWebDirect

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s